light on kendaraan bermotor pada siang hari

Pernahkah kita merasa heran dengan peraturan polisi yg mewajibkan menyalakan lampu kendaraan bermotor pada siang hari

Lalu muncul pertanyaan, bukankah itu malah ngeborosin accu n bohlam pd motor ya?
Hingga merasa kesel karna tiba-tiba accu motor yang baru setahun ganti misalnya sudah soak dan disusul pula bola lampunya mati waktu brgkat ke kampus atau ke tempat kerja

Misalnya di teliti secara ilmiah, kan indonesia dan jg seluruh dunia mgkin. Sedang gencar2nya untuk melestarikan bumi dg semboyannya green earth, tapi menurut pandangan kita untuk menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada siang hari bukankah itu malah smakin menambah panas bumi ya?? Energi yg brasal dari lampu itu jg terbuang Cuma2
bisa ditanyakan lebih lanjut pada teman-teman yg pinter kimia maupun fisika mengenai esentisitas energi dan cahaya.

"Toh sinar matahari sangat cerah dan memberikan banyak sekali cahaya bagi bumi, kalau kita menyalakan lampu motor pada siang hari itu kan sama saja mubadzir kan?? Padahal mubadzir itu kan temennya syetan" mungkin pertanyaan seperti ini pula sering kita umpat sendiri dalam hati atau kepada teman kita.
Beda critanya kalau malem atau pas mendung

Harus bagaimana kita menyikapinya?? Kalo tidak menyalakan lampu motor nanti kena tilang (20rb), kalo menyalakan lampu motor kita merasa rugi, (accu soak n lampu cepet mati) lebih mahal lagi daripada kena tilang, accu harganya paling tidak 100rb, bolamp= 10rb hMm…


mari kita selidiki permasalahannya bersama

1. Emang accu & bohlam bisa boros ya? setidaknya accu dan bolam itu bukanlah barang konsumsi

2. Bohlam mati n gosong ? itu tandanya kelistrikan gak beres,,rajin servis gak ?

3. Lampu siang ON terus ? hampir semua negara di dunia udah pake peraturan gitu kok untuk sepeda motor. Alasan utamanya ya cuma satu, SAFETY. Karena kalo lampu motor kita ON terus, otomatis posisi berkendara kita bisa terlihat dengan mudah oleh pengendara lain baik di depan / belakang. Di Indonesia sendiri peraturan tentang ini udah cukup lama kok dibahas, awalnya saat mudik.

Di tahun pertama (pertama maksudnya waktu lagi mulai musim mudik naik motor gitu ) banyak terjadi kecelakaan dan mayoritas itu yg pake motor, di tahun berikutnya para pemudik diwajibkan nyalain lampu dan hasilnya kecelakaan berkurang cukup drastis..hampir 80% kalo gak salah


jadi jangan ngeluh ya kenapa kita harus nyalain lampu siang-siang, saya juga biker kok sama kaya teman-teman semua

perlu diketahui pula, kecelakan itu lebih sering terjadi di siang hari
terutama pada kendaraan bermotor roda dua
dan dengan dinyalakan lampu besar, diharapkan orang2 lebih waspada gitu loh...


pendapat seorang mantan wartawan di forum kaskus:

1. Berasarkan penelitian tentang keselamatan berkendara, lampu di siang hari akan memudahkan pengendara lain untuk melihat keberadaan kita. Makanya di negara2 maju sudah lama mengharuskan sepeda motor menyalakan lampu di siang hari. Bahkan mobil pun sudah ada lampu untuk siang hari, terutama mobil2 mewah. Namanya day running light dan menggunakan lampu LED.

2. Menyalakan lampu siang hari memang memperpendek umur bohlam. Tapi berapa sich harga bohlam demi keselamatan kita?

3. Waktu ane masih jadi wartawan, ane pernah wawancara kapolantas dan beliau bilang sejak diterapkannya aturan tersebut, angka kecelakaan sepeda motor menurun drastis.

4. Lampu nyala tidak memboroskan aki. Saat mesin hidup, supply listrik buat lampu dilakukan oleh sepul, bukan aki. Kalau aki jadi boros berarti sistem pengisiannya yang bermasalah.

5. Kalau masalahnya adalah panas, ada baiknya diganti dengan LED yang tidak panas dan udah pasti lebih irit listrik. Motor ane sich pake LED dan menyala jelas di siang hari, sedangkan lampu utamanya nyala pas malam saja.

Demikian penjelasan ane, semoga berkenan.

4 komentar:

  1. aturan terbodoh yang pernah ada, semua alasannya sangat lemah bahkan tak masuk akal. kalo ada waktu saya akan jelaskan semuanya, jng bodohi rakyat lah. itu aturan intinya supaya polisi gampang cari duit di jalan......

    BalasHapus
  2. hahahahahahaha......... tenang gan...
    ane cuma mau ngeshare :D
    silakan dshare di mari alasan agan!!!

    BalasHapus
  3. Selama yg buat tuh aturan adalah manusia, ane yakin tuh aturan jebakan bwt rakyat kecil, bukan untk kalangan atas.
    Kok bisa? ya yg kena tilang hnya org-org biasa (kita rakyat, bukan pejabat ato berpangkat).
    Sy jg sering lihat tu pak pol naik motor gak lengkap assesorisnya, gak malu dgn aturan yg dibuat sendiri.
    Emang dah seharusnya kita org biasa jadi sasaran peraturan yg gak ngerti apa-apa.

    BalasHapus
  4. Nyalain lampu utama siang hari itu hnya akal-akalan aja. Klo tujuannya menghindari/mengurangi angka kecelakaan, itu mustahal lah. Masa cuma lampu nyala siang hari kecelakaan tak terjadi... mustahil.
    Kendaraan itu hnya sebuah benda, yg mau kita apakan pasti mau. kok jadi alasan.
    Yg jelas kecelakaan itu ya pengendaranya... supirnya yg kurang hati-hati serta konsentrasi bukan alatnya. tul gak bro..........

    BalasHapus

MARI BERSAMA GURATKAN KATA UNTUK MENGUBAH DUNIA
free counters

Total Tayangan