Let’s smart, let’s be #GenLangitBiru

Let’s smart, let’s be #GenLangitBiru


Generasi Milenial


Era milenial melahirkan generasi-generasi muda yang memiliki keunikan tersendiri dari generasi sebelumnya. Generasi milenial, atau yang lebih hits sekarang ini adalah generasi anak muda jaman now. Generasi yang lahir di tengah-tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat. Cirri-ciri generasi jaman now adalah mereka yang suka mengikuti perkembangan teknologi, budaya dan beraneka macam tingkah kekinian. Disibukkan dengan kecanggihan gawai dengan ribuan aplikasinya. Selalu eksis di dunia maya. Serta cenderung anti sosial di kehidupan nyata. Generasi milenial juga ditndai dengan kreativitas yang luar biasa, mengingat begitu mudahnya akses untuk berselancar menelusuri apapun yang mereka inginkan. Lihat saja, banyak karya ilmiah dan teknologi terbarukan yang mampu mereka kreasikan di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Akan tetapi, kelebihan-kelebihan dari generasi milenial itu kurang diimbangi dengan aksi sosial yang memang bagi mereka bukanlah suatu yang ngetrend dibandingkan dengan prestasi dalam ilmu pengetahuan atau mungkin ketenaran ketika menikmati keindahan suatu lokasi wisata. Masih ingat kan? Taman bunga yang rusak akibat ulah kids jaman now. Mengekspresikan tingkahnya tanpa mempedulikan kondisi taman bunga yang rusak akibat ulah mereka. Atau mungkin kesadaran untuk menyelamatkan lingkungan dengan membuang sampahlah… banyak yang masih abai, beda ketika mereka mengikuti turnamen yang lebih seru daripada membersihkan sampah. Misal diingatkan oleh guru atau orang di sekitar, paing satu dua hari bersih, akan tetapi hari selanjutnya akan kembali berserakan lagi sampahnya.


Generasi Langit Biru

Saatnya anak-anak generasi milenial beradaptasi menjadi generasi langit biru. Apa itu generasi langit biru? Generasi langit biru atau #GenLangitBiru merupakan suatu istilah yang dicetuskan oleh PERTAMINA ditujukan khususnya kepada kaum muda untuk mewujudkan suasana langit yang kembali berwarna biru. Asri, layaknya suasana langit di pedesaan atau di pegunungan. Berwarna biru yang menenteramkan mata jika dipandang. Tidak hanya itu saja, kesadaran untuk turut melestarikan lingkungan juga menjadi pondasi untuk mewujudkan keasrian alam sekitar kita. Dengan menanam dan merawat pepohonan, turut bersama bekerja bakti membersihkan lingkungan, serta paling tidak memiliki sebuah komunitas yang berisikan anak muda yang peduli terhadap lingkungan. Contoh sederhananya, ikut merawat pepohonan di pinggir jalan, mencabuti paku-paku yang digunakan untuk menempelkan iklan di pohon-pohon pinggir jalan. Tindakan tersebut merupakan sesuatu yang sangat cerdas untuk menyelamatkan lingkungan. Bayangkan, jika pepohonan di pinggir jalan tidak tumbuh secara normal, atau bahkan sampai mati, maka berapa banyak polusi asap kendaraan bermotor yang tidak bisa diserap oleh pepohonan tersebut.

Jika kalian tinggal di kota besar, Jakarta misalnya, kalian mungkin tidak akan sempat menikmati birunya langit. Pengalaman penulis sendiri yang pernah tinggal di Jakarta selama dua tahun, langit Jakarta sangat pekat berwarna abu-abu. Polusi dari berbagai sumber polusi, terutama polusi dari asap pembuangan kendaraan bermotor. Pada lebaran tahun 2016 kemarin, ada seorang netizen yang memposting keadaan langit Jakarta yang sangat beda dari hari biasanya. Ini jelas menjadi bukti bahwa banyaknya penggunaan kendaraan bermotor menjadi salah satu pemicu sumber polusi udara di ibu kota Jakarta.




foto keadaan Jakarta saat Lebaran tahun 2016
Sumber foto: kaskus.co.id

#GenLangitBiru sebenarnya diambil berdasar proyek kilang Pertamina dalam meningkatkan kualitas bahan bakar minyak dari Premium (RON 88) menjadi Pertamax (RON 92). Yang artinya, Pertamina sedang meningkatkan kualitas BBM yang lebih ramah lingkungan sehingga kualitas udara lebih terjaga dan lebih sehat.

Bicara tentang RON, nih penjelasan singkat mengenai apa sebenarnya RON itu. RON merupakan kependekan dari Research Oktan Number yang berarti angka oktan yang terkandung dalam bensin. Oktan sendiri adalah satuan angka yang menunjukkan tingkat ketukan bensin untuk mesin saat terjadi pembakaran. Semakin tinggi kadar oktan dalam bahan bakar, maka semakin bagus pula ketukan pembakaran pada mesin tersebut.

Usaha peningkatan kadar RON yang dilakukan Pertamina bukan tanpa alasan. RON 92 atau yang biasa disebut dengan pertamax merupakan bahan bakar yang sangat bagus bagi kendaraan bermotor yang dewasa ini menggunakan teknologi canggih. Jika tidak diimbangi dengan pemakaian jenis bahan bakar yang berkualitas bagus, maka bisa dipastikan, mesin kendaraan bermotor tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal. Bahkan bisa sampai terjadi kerusakan.

Nah, bagi kalian para generasi milenial, mulai saat ini bersiaplah untuk menjadi Generasi Langit Biru yang turut serta merawat lingkungan sekitar dari hal yang sering kalian anggap remeh hingga penggunaan kendaraan bermotor yang tidak bisa lepas dari aktifitas kalian sehari-hari. Sayangi kendaraan bermotor kalian dengan menggunakan bahan bakar minyak yang meiliki nilai oktan lebih tinggi. Dalam hal ini adalah Pertamax.

Generasi milenial yang berafiliasi menjadi Generasi Langit Biru harus bisa menjadi jati diri anak muda. Let’s smart, let’s be #Gen Langit Biru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MARI BERSAMA GURATKAN KATA UNTUK MENGUBAH DUNIA
free counters

Total Tayangan