RSBI dilema

RSBI atau SBI merupakan kemajuan di dunia pendidikan dengan memperhatikan kualitas pendidikan di mana secara awam ditafsirkan sekolah dengan kualitas lulusan yang mampu menggunakan bahasa inggris khususnya yang sampai saat ini atau bahkan untuk tahun ke depanpun merupakan tolak ukur utama siswa atau seseorang dikatakan mempunyai kemampuan lebih di dunia pendidikan.
Pada dasarnya RSBI dimaksudkan agar mutu pendidikan dapat dimaksimalkan dengan melakukan rintisan sekolah bertaraf internasional dengan menggunakan pengantar bahasa inggris meskipun tidak mengesampingkan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional. Sebagaimana diketahui secara umum bahwa seseorang dalam merintis arah kehidupan sangat ditentukan oleh kemampuan dan tingkat pendidikan yang dimiliki, di mana sampai saat ini untuk memasuki sekolah yang lebih tinggi dibutuhkan kemampuan lebih atau bahkan untuk memasuki dunia kerja nantinya diutamakan seseorang yang mempunyai berbagai keahlian dan kemampuan. Salah satu yang sampai saat ini yang sangat penting adalah kemampuan menggunakan BAHASA INGGRIS sebagai bahasa pengantar, dalam arti mampu aktif berbahasa inggris. Lebih-lebih diprasyaratkan adanya sertifikat TOEFL yang menjadikan momok bagi sebagian besar lulusan sekolah untuk memasuki dunia kerja. Hal ini tidak mengesampingkan pentingnya kemampuan yang harus dimiliki seseorang seperti Komputer, Bahasa Asing yang lain, dan lain-lian.
Dilema, merupakan sebuah keputusan yang sulit bagi sebagian siswa dan atau orang tua sebagai penopang biaya siswa untuk mewujudkan keinginan agar mempunyai kualitas pendidikan yang bisa bersaing di dunia pendidikan dan dunia kerja. Dilema dalam arti ingin meraih kualitas pendidikan yang maksimal, tetapi BIAYA yang SANGAT TINGGI membuat keinginan tersebut TERKUBUR. Hanya sebagian kecil siswa yang mampu meraih sukses lebih baik dengan mengandalkan pendidikan secara umum / reguler, hal ini yang mendorong siswa atau orang tua siswa berniat memasuki dunia pendidikan dengan tingkat kesulitan tinggi yaitu RSBI/SBI agar memiliki kemampuan lebih untuk bersaing di dunia pendidikan lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.
Dilema, dimaksudkan lebih khusus pada tingkat PEMBIAYAAN. Di mana sampai saat ini dalam peraturan yang berlaku di departemen pendidikan di mana disampaikan bahwa sekolah negeri kategori RSBI dan SBI diperbolehkan memungut dana dari orang tua siswa yang mampu dengan persetujuan Komite Sekolah (Pedoman BOS 2009). Kedua kalinya, Dilema lebih ditegaskan di sini, BIAYA.
Kalau kita kembali ke awal, bahwa RSBI dan SBI dimaksudkan untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang maksimal yang sampai saat ini secara awam diukur dari kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, mampu menguasai komputer dan aplikasinya (internet), kemampuan berbahasa asing lainnya, dan lain-lain sehingga kemampuan untuk mendapatkan kesempatan memperoleh hal tersebut sangat terbatas bagi sebagian besar siswa atau orang tua siswa yang kurang beruntung dalam materi (kurang mampu, maaf).
Memang ada penegasan, bahwa hanya orang tua siswa yang mampu yang diperbolehkan dibebani biaya, tetapi pada praktiknya sangat disayangkan hal tersebut tidak berjalan dengan baik. Dengan alasan yang halus sampai ultimatum yang tidak menyenangkan bagi orang tua siswa yang kurang mampu sangat dimungkinkan banyak terjadi.
PEMERINTAH, DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL, DITJEN MANDIKDASMEN,
Mari kita telaah lebih mendalam,
RSBI dan SBI, seharusnya dinikmati oleh siswa dari segala lapisan ekonomi.
RSBI dan SBI, seharusnya diberikan perhatian yang lebih, atau bahkan sangat lebih. Karena dengan output yang lebih baik dalam kualitas pendidikannya, maka sudah seharusnya memberikan rangsangan atau stimulus khusus bagi sekolah yang mempunyai kemampuan lebih menghasilan siswa yang berkualitas tinggi yang ke depannya digunakan sebagai acuan dalam target pencapaian angka keberhasilan pendidikan khususnya dalam pencapaian target nilai dengan standar internasional. Bukan malah sebaliknya, memberikan beban kepada siswa dan orang tua siswa yang sudah bekerja ekstra keras dalam belajar agar mampu memperoleh kualitas pendidikan yang diharapkan oleh Departemen Pendidikan di mana RSBI dan SBI merupakan sarana yang seharusnya diANAK EMASkan agar kualitas pendidikan lebih nyata terlihat dan nyata terserap. Siswa diberikan materi yang lebih, lebih-lebih kemampuan dengan pengantar bahasa inggris yang sampai saat ini masih terbatas pada sebagian kecil siswa yang sudah menguasainya. Orang tua diberikan tangung jawab mengawal anaknya agar lurus dalam menempuh dunia pendidikan di RSBI dan SBI. Selanjutnya, Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Propinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota memberikan fasilitas yang lebih dan bahkan kalau memungkinkan mengcover seluruh biaya pendidikan tanpa terkecuali khususnya sekolah negeri.
RSBI dan SBI, seharusnya dijadikan PROGRAM UTAMA disamping PROGRAM PENDIDIKAN 9 TAHUN.
RSBI dan SBI, seharusnya semakin diperluas dan diberikan insentif lebih khususnya sekolah negeri agar semakin banyak sekolah negeri yang termotivasi menuju ke arah kemajuan dunia pendidikan.
Bukan Sebaliknya,
RSBI dan SBI, dikatakan sebagai sekolah mewah.
RSBI dan SBI, dikatakan sebagai sekolah khusus.
RSBI dan SBI, dikatakan sebagai sekolah khusus orang kaya.
RSBI dan SBI, dikatakan sebagai sekolah tanpa tenggang rasa.
RSBI dan SBI, dikatakan sebagai sekolah tanpa kata tidak.
Pointnya,
RSBI dan SBI, adalah sarana untuk siswa dengan kemampuan OTAK, dan kemauan MAJU, serta kecakapan LEBIH.
RSBI dan SBI, adalah sarana untuk siswa dengan keunggulan yang LEBIH di segala bidang pendidikan.
RSBI dan SBI, adalah sarana untuk siswa dengan kemampuan ekonomi SEGALA LAPISAN, tanpa mengenal kaya dan kurang mampu.
RSBI dan SBI, adalah sarana untuk siswa berkembang menjadi generasi HANDAL, dengan kemampuan yang lebih.
Arahannya,
Pemerintah, Departemen Pendidikan Nasional,
SEGERA,
1. Merevisi aturan yang memperbolehkan sekolah menarik dana dari siswa dan orang tua siswa tanpa terkecuali.
2. Memberikan priorotas lebih kepada RSBI dan SBI, selain Program Sekolah Gratis 9 Tahun, baik dari segi pembiayaan, segi perluasan sekolah
RSBI dan SBI, dan Pengembangan Sarana dan Prasarana bagi sekolah RSBI dan SBI khususnya sekolah negeri.
3. Memberikan akses seluas-luasnya kepada siswa dari segala lapisan ekonomi, untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik khususnya dengan
tingkat RSBI dan SBI agar tercapainya rasa KEADILAN dan KESETARAAN demi rasa KEMANUSIAAN.
4. Memberikan Rangsangan dan Stimulus khususnya bagi sekolah yang mempunyai prestasi lebih termasuk RSBI dan SBI agar perkembangan
sekolah dengan tingkatan RSBI dan SBI semakin meluas dan dapat dirasakan oleh seluruh siswa yang pada akhirnya memungkinkan upaya
pemerintah meraih target tingkat pendidikan di tingkat internasional semakin jelas dan nyata.
5. Bagi siswa dan orang tua siswa yang kurang beruntung dalam ekonomi, persiapkan putra-putri untuk bersaing di dunia pendidikan, agar
kemampuan pendidikannya bisa bersaing dan pengawasan yang lebih bagi yang telah dan saat ini menempuh pendidikan di RSBI dan SBI
khususnya agar kemampuan pendidikan putra-putrinya semakin berkembang.
Akhirnya,
Tanpa mengurangi rasa hormat atas segala upaya yang telah dilaksanakan, maka bersama ini bersama hati bersama nurani bersama kebesaran
hati, agar upaya pendidikan yang lebih merata, lebih merakyat, lebih terencana, dan lebih berkesinambungan, segera lakukan segala upaya agar pendidikan yang saat ini sudah semakin maju dengan pesat, semakin berkembang khususnya dengan tingakatan RBI dan SBI.
Sehingga DILEMA yang dirasakan sebagian besar masyarakat khususnya yang kurang mampu akan terkikis habis demi rasa keadilan dan kesetaraan demi kemanusian.
Terima Kasih.


sumber: http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id

RocketDock

Anda bosan dengan tampilan komputer atau laptop anda? anda ingin sesuatu yang berbeda dengan tampilan di komputer anda? jika ya maka anda bisa mempergunakan rainmeter dan rocketdock untuk mengubah tampilan windows anda menjadi lebih cantik dan enak di pandang. Ibarat seorang cewek yang biasa aja, terus bisa di permak menjadi cewek yang cantik. :-D windows yang biasa saja bisa di rubah tampilannya menjadi lebih cantik sama seperti cewek. nah setelah sebelumnya saya telah membahas tentang mempercantik dengan windows blind 6 atau memnggunakan windows transformation pack 7 untuk mempercantik tampilan atau desktop anda, sekarang saya akan memberikan tips dalam mempercantik tampilan dengan menggunakan rainmeter dan rocketdock. untuk lihat contoh tampilannya, silahkan lihat gambar di bawah ini:

hmm Percantik tampilan dengan Rainmeter & Rocketdock

Cukup keren bukan? anda ingin tampilan desktop anda seperti di atas, silahkan ikuti langkah langakh berikut ini:

Langkah pertama
DL rocketdock dari sini http://rocketdock.com
Jika sudah DL addson STACKDOCK dari sini http://rocketdock.com/addons/all/popular
instal Rocketdock, extrack STACKDOCK kedalam FOLDER DOCKLETS yg ADA di folder ROCKETDOCK anda.
atau juga bisa anda download gratis filenya di blog ini.
Jalankan PROGRAM ROCKETDOCK.
Anda akan Melihat sebuat NAVIGATION BAR baru DIatas desktop anda.
Jika sudah KLIK kanan DI ROCKETDOCK anda dan ikuti langkah” seperti ini:

a. ADD item STACKDOCKLET. ( akan muncul sebuah icon baru berbentuk kotak transparan )
b. Klik Kanan di STACKDOCK icon ( icon baru yg baru saja anda masukkan ) dan pilih icon setting
setelah itu akan muncul sebuah setting untuk STACKDOCK anda.
c. Masukan FOLDER yg anda ingin gunakan dengan cara browse ( klik kiri di gambar “…” di kanan ) jika sudah pencet ok. ( masukan FOLDER yg berisi FOLDER contoh: FOLDER bernama FATE didalem nya terdama FOLDER FATE WALLPAPERS , FOLDER FATE ICONS dst. )
d.Masukan iCOn yg ingin anda gunakan sebagai tampilan icon anda (browse dengan cara menklik kiri kotak bergambar “…” di kanan” ) ingat harus dengan format .png / .ico.
e.Masi di Setting STACKDOCK anda akan melihat sebuah columm bernama MODE, rubah menjadi FAN dari OTOMATIC ( sesuai selera anda ).
f. Klik Ok. ( lihat di navigation ROCKETDOCK anda apakah sudah berhasil apa belum )
g. Test dengan Cara mengklik FOLDER STACKDOCK anda.
h. Gunakan Cara yg sama untuk menambahkan FOLDER” lainya sesuai dengan kebutuhan anda.

Penutup Step 1.

ROCKETDOCK anda sudah berhasil bukan? sekarang hapus semua shortcut yg tidak berguna yg ada di desktop anda.
shortcut” itu hanya merusak pemandangan, jgn lupa untuk memasukan shortcut tersebut ke dalam STACKDOCK icon anda.
Jika tidak ingin report pilih semua shortcut anda kemudia CUT dan masukkan kedalem satu buah FOLDER di HardDisk anda ( bisa Di E: / C: ) kemudian rubah Menjadi STACKDOCKLETS.
Anda mengerti maksud saya ?

Ganti ICON” sesuai selera anda ( jgn lupa masukkan iCon yg ingin anda gunakan kedalam folder ICONS didalem folder direktori ROCKETDOCK anda )
Untuk MyCOmputer ,RECYLE bin jgn gunakan STACKDOCK ( STACKDOCK hanya berguna untuk memperindah FOLDER anda )
Saia Rasa anda cukup mengerti tentang ROCKETDOCK dan STACKDOCK Sampe point sini.
Jadi mari kita lanjutkan ke step 2.

2. Langkah ke dua
Anda pasti bertanya” Tentang Ramalan CUACA , Status PC saya , Tanggal , Jam yg ada di desktop saya dan bertanya gimana cara membuat nya?
ok mari kita bahas.

yang harus anda lakukan adalah Men-DL RainMeter dari Link disini http://www.ipi.fi/~rainy/legacy.html Ingat DL lah yg 32bit ( jika anda mengerti anda bisa men DL yg 64bit ).Setelah Selesai Men DL rainmeter, DL juga skin Rain meter anda dari sini http://customize.org/rainmeter (rainmeter yg saya gunakan ada HUD version, anda bebas menggunakan yg lain)
Instal RainMeter anda, extrack skin yg baru saja anda DL ke sKin RainMeter Anda.
a. Jalankan Program RainMeter Anda.
b.Lihat diTaskbar Shortcut anda ( pojok kanan bawah ) sebuah icon bergambar Tetesan Air, kemudia klik kanan.
c.Klik Kanan Dan pilih CONFIGS, Aktifkan Program yg anda butuhkan ( saya menggunakan CLOCK , DATE , CPU , HDD1 , HDD2, Network TRafic DL )
d. GUnakan dan atur letak nya sesuai selera anda masing” .

Penutup langkah ke 2.
DL skin” anda sesuai selera anda masing” gunakan Link yg sudah saya sediakan diatas
Gunakan RainMeter sesuai kebutuhan dan Specs komp anda.
Jika anda ingin menghemat memory jgn gunakan terlalu banyak RainMeter. (sekedar info Rainmeter saya menggunakan 19kb memory RAM )

Langkah ke 3
RocketDOck anda sudah berhasil begitupulah dengan STACKDOCK folder anda.
Dan Juga Rainmeter atau Rainlender yg sudah berhasil anda buat.
Tapi bukan berarti Sudah selesai disini.
Anda pasti merasa terganggu dengan kotak sampah yg ada di desktop anda?
Anda mencoba Mendelete tapi tidak bisa?
Tenang saja Mari kita bermain” sedikit dengan Registry Windows anda.
( jgn lupa memback up Registry yg akan anda rubah nanti )

a. jalankan program RUN ( start menu klik RUN ) dan ketik kan regedit dan kemudian HIT OK.
b.Muncul Sebuah Folder registry editor anda bukan? cari / ikuti langkah berikut ini.
c.klik HKEY_LOCAL_MACHINE –> Software –> Microsoft –> Windows –> CurrentVersion –> Explorer –> Desktop –> NameSpace.
d. Anda akan menemukan beberapa folder di Folder registry namespace anda?
e. Delete FOLDER yg bernama ini {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E} . ( jgn lupa membackup ny dahulu untuk mengembalikan seperti semula )
f. Close registry folder anda. lihat ke desktop dan refresh Desktop anda.
g. Recyle BIn anda sudah hilang dari pandangan mata anda bukan?
h. Jika masih tidak hilang tunggu beberapa menit dan refresh kembali, jika masi tetap ada reboot ( restart ) Komp anda.

Penutup Step 3.
Sekarang Desktop anda Sudah indah dengan hilang na Recyle bin.
Simple minimalis ( tergantung desaign anda, setidak na tidak penuh oleh icon shortcut bukan ) tapi powerfull ( tergantung penyusunan ROCKETDOCK N STARDOCK anda begitupula rainmeter anda )
Gunakan SKIN Rainmeter Dan ROCKETDOCK anda sesuai Dengan theme XP dan Wallpapers anda.

Ekstra:
Step 4.
Anda Melihat Desktop saya dan bertanya” dimana Letak TASKBAR saya?
Hide saja TASKBAR anda, Beberapa dari anda Pasti Sudah mengerti bagaimana caranya menyembunyikan TASKBAR anda tapi untuk berjaga” bagi mereka yg tidak tau akan saya buatkan juga tutor simple nya.

a.Klik kanan Taskbar anda dan matikan LOCK TASKBAR anda ( klik saya dan hilangkan centang nya )
b. Klik kanan kembali dan klik pada properties.
c. centang AUTOHIDE taskbar pada setting taskbar anda dan klik ok.

Pentutup Step 4.
Sekarang taskbar anda dengan otomatis akan tersembunyi jika sedang tidak digunakan, jika ingin memunculkan nya kembali drag saja pointer mouse anda ke tempat taskbar anda ( bisa dibawah Default na ataw diatas seperti saya )

Penutup Tutorial.
Desktop Anda sekarang sudah lebih indah sesuai dengan selera yg anda inginkan.
Anda bisa menggunakan COntoh” desktop yg ada sebagai refresi anda sekalian.
Untuk Link” theme XP . Icon , SKIN ( RAINMETER dan ROCKET DOCK ) silahkan liat di bagian links yg sudah saya sediakan.

Untuk Vista juga menggunakan tutor yg sama tapi untuk STACKDOCK jgn lupa turn off UAC nya!!
klik disini untuk download

selamat mencoba

sumber : kaskus

Macro Media Flash Player

Software yang satu ini sudah cukup jadul bagi kebanyakan desainer yang selalu mengikuti kemajuan teknologi. Namun tidak ada salahnya bila saya mempostingnya lagi di blog saya ini. Karena permintaan dari salah satu teman saya yang kesulitan mendapatkan aplikasi yang praktis untuk membuat animasi dsan lainnya.
aplikasi yang satu ini menurut saya sangat banyak kegunaannya selain membuat animasi gerak dalam bentuk flash nammun juga bisa digunakan untuk merancang sebuah game yang berupa animasi maupun permainan kata.
seperti contohnya untuk membuat game aritmatika, bahasa dan lain sebagainya tergantung dari selera pengguna.
selain itu, aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk pengajaran, bagi teman-teman saya yang kebanyakan dari program pendidikan. untuk presentasi bahan ajarnya, agar lebih mudah menyampaikan materi kepada peserta didik.
mengenai petunjuk pemakaiannya saya sendiri sih masih dalam tahap belajar dan jujur belum menguasainya, hehe...

misal penasaran langsung saja sedot sekarang juga gratis kog... nie klik di sini selamat berkreativitas ^_^

Panduan PKM 2010

KATA
PENGANTAR

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat. Disamping munculnya tuntutan masyara kat atas mutu lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi arah pe ngembangan bangsa, pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen program kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Program ini hanya dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa sedangkan program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU),Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB),proposal diajukan kelompok dosen namun wajib menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan.

KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai entrepreneur dilakukan pada program INWUB. Dengan demikian, PBKPT merupakan satu kesatuan program pendorong Perguruan Tinggi (PT) dalam menghasilkan enter- ataupun teknopreneur dari kampus.

Dalam perkembangannya, KAM terasa sangat membatasi ruang kreasi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan intelektual beragam. Pada tahun 2001, DP2M kemudian meluaskan KAM menjadi Program Kreativitas Mahasiswa yang membuka peluang maha siswa dalam berkarya seluas para dosennya. Sejak saat itu dikenal berbagai jenis PKM yaitu: PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausaha an (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Pada tahun 2002, PKM bergabung dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) ke dalam program Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Surabaya.
Atas kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, sejak tahun 2009 pelaksanaan Kom petisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang dahulunya bernama LKTM diintegrasikan pengelolaannya ke dalam PKM. Mengingat sifatnya yang identik dengan PKM-I, maka program KKTM dikelompokkan bersama PKM-I ke dalam PKM-Karya Tulis (PKM- KT). Untuk membedakannya, PKM-I diberi nama baru PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan KKTM menjadi PKM-Gagasan Tertulis(PKM-GT) sesuai dengan sumber bahan pe nulis an nya. Sesuai dengan sifat artikel yang dihasilkan, maka PKM-AI akan bermuara pada Jurnal Kreativitas Mahasiswa sedangkan PKMGT menggantikan posisi PKM-AI di PIMNAS.
Penilaian atas mutu usulan, proses pelaksanaan dan presentasi di PIMNAS, seluruhnya
dilakukan berdasar atas level kreativitas mahasiswa dan orisinalitas. Orisinalitas dalam hal ini tidak hanya diartikan sebagai suatu temuan baru, akan tetapi ide yang akan direali sasi kan murni berasal dari kelompok mahasiswa. Dengan demikian, Pembimbing PKM disarankan agar berperan sebagai pendamping mahasiswa yang mengawasi apakah pelaksanaan PKM agar sesuai dengan misi masing-masing program dan tidak menjadikan mahasiswa sebagai bagian riset ataupun kegiatan akademik dosen lainnya.
ii. pedoman program kreativitas mahasiswa 2010
Agar objektivitas pengelolaan PKM dan PIMNAS dapat terjaga dengan baik, DP2M memandang perlu menerbitkan Buku Pedoman PKM 2010 ini sebagai acuan bagi semua pihak di Perguruan Tinggi yang memerlukan informasi tentang sejarah, uraian umum, kriteria penulisan usulan,teknik penilaian di setiap tahap pelaksanaan, teknik penyusun an laporan seluruh program PKM yang ditawarkan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti, juga bentuk apresiasi yang diberikan. Pedoman ini juga mengutip tanpa perubahan sebagian informasi Pedoman KKTM yang diterbitkan Direktorat Akademik Ditjen Dikti guna menghindari kesulitan realisasi PKM-GT di PT.
Tersusunnya Buku Pedoman PKM 2010 merupakan karya pikir banyak pihak yang menjadi
representasi berbagai institusi seperti Perguruan Tinggi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Kementri an Negara Koperasi & UKM. Untuk itu, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya kepada semua pihak untuk semangat, pikiran dan kebersamaan yang ditunjukkan melalui terbitnya Buku Pedoman PKM 2010.


Jakarta, Januari 2010
Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas



Suryo Hapsoro Tri Utomo
NIP. 195609011985031003



download file gratis ini di sini download

Relevansi Pancasila

Relevansi Pancasila
01/06/2010
Bangsa Indonesia ditakdirkan sebagai bangsa yang beragam baik dari segi suku, agama dan budaya. Perbedaan itu dipertentangkan secara tajam oleh Belanda sebagai sarana adu domba, agar tidak ada kekuatan pemersatu yang bisa mengancam penjajahan Belanda. Karena itu langkah awal gerakan kebangkitan nasional menjalin komunikasi berbagai golongan yang kemudian menyatu menjadi kekuatan nasional.

Pengalaman kebangsaan itulah saat menjelang kemerdekaan kemudian dirumuskan menjadi Pancasila, sebagai upaya untuk menyelesaikan dan mewadahi berbagai elemen bangsa yang berbeda dalam satu wadah bersama, dengan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan dan keadilan social. Dalam Pancasila ini bangsa Indonesia yang beragam agama, ideologi dan etnis menyatu dengan penuh kerukunan. Sehingga menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar baik secara geografis, secara demografis dan terutama secara politis.

Dari situ Indonesia menjadi pemimpin negara-negara yang baru merdeka, termasuk Palestina yang kembali bergolak akibat ulah Israel, selalu menjadi perhatian bangsa Indonesia, sebagai upaya mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang tertuang damai Pancasila, dan sekaligus sebagai penerjemahan langsung dari Mukadimah UUD 1945 bahwa penjajahan tidak sesuai dengan peri kemanusiaan, karena itu harus dihapus dari permukaan bumi.

Saat kita sedang memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni ini kita dikejutkan oleh kabar menyedihkan, tentara pendudukan Israel di jalur Gaza menyerang para sukarelawan dari seluruh dunia termasuk Indonesia yang membantu masyarakat Palestina di Jalur Gaza dari penderitaan akibat politik isolasi yang dilakukan Israel yang didukung oleh Negara-negara Barat. Kalau selama ini ada kode etik bahwa rumah ibadah, rumah sakit, petugas palang merah dan relawan kemanusiaan tidak boleh diserang. Semuanya itu tidak berlaku bagi pasukan Israel, semua bisa diserang, sehingga banyak masjid hancur, rumah sakit berantakan akibat serangan tentara Zionis.

Kalau sudah menyangkut penjajahan Israel, seluruh konfensi internasional tentang kemanusiaan tidak berguna, piagam perdamaian tidak ada artinya, hak asasi manusia hanya slogan, demokrasi hanya manipulasi, semua cara diperbolehkan khusus untuk Israel, yang bebas melakukan kekejaman tanpa ada sanksi dari PBB, juga tidak pernah mendapat protes ataupun sekadar kritik dari sekutunya di Barat. Ini merupakan tantangan berat bagi perwujudan gerakan kemanusiaan di masa depan karena sikap ambivalesi PBB d an Negara barat pada umumnya, yang justru sering menggunakan isu kemanusiaan untuk tujuan penguasaan.

Walaupun dunia telah mengabaikan kemanusiaan, sejauh Pancasila masih menegaskan kemanusiaan dan demikian juga agama mengukuhkannya, kita tidak boleh berhenti dan lelah membela kemanusiaan, karena ini tugas abadi kemanusiaan itu sendiri, yang merupakan tugas profetik yang dulu dirintis oleh para Nabi dan Rasul. Kita bersyukur memiliki sebuah wadah bersama yang memungkinkan hidup bersama walaupun berbeda, karena perbedaan memang sunnatullah, menerima perbedaan berarti ikhlas dengan kehendak Allah.

Dalam hal ini sangat tegas bagi NU bahwa pengamalan Pancasila merupakan perwujudan dari upaya umat Islam Indonesia untuk menjalankan syariat agamanya. Demikian dirumuskan oleh para ulama di Situbondo tahun1983 yang lalu yang masih relevan hingga saat ini, karena ini merupakan kunci bagi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia ini. Dan sekaligus ini merupakan pijakan kita dalam menjalankan kiprah kita di dunia internasional terutama dalam bidang perjuangan kemanusiaan.

Dengan terintegrasinya Pancasila dengan kehidupan beragama, maka tidak ada keraguan bagi umat Islam untuk mengamalkannya, karena mengamalkan Pancasila berarti mengamalkan ajaran agama, sehingga tidak terjadi dilema dalam menjalankan agama dan saat mengamalkan Pancasila sebagai dasar menjalin kehidupan bersama dalam masyarakat. Para ulama NU telah berhasil dengan cemerlang menempatkan hubungan Pancasila dengan agama, sehingga kaum beragama baik Muslim maupun Non Muslim bisa berpancasila dengan baik dan sekaligus bisa beragama dengan cara baik, ijtihad para ulama NU ini berhasil mengatasi dikhotomi agama dan Pancasila sehingga Pancasila diterima secara umum dengan penuh kesungguhan. Dengan segala risiko dan segenap tanggung jawab. (Abdul Mun’im DZ)

Hukum Sadap Telepon

Hukum Sadap Telepon
31/05/2010
Akhir-akhir ini telah marak di masyarakat komunikasi menggunakan telepon, sehingga memudahkan untuk melakukan pembicaraan antar pihak. Pada saat yang sama melalui telepon beberapa pihak dapat mengintip pembicaraan orang lain, yang lazim kita kenal dengan istilah penyadapan

Penyadapan dapat dilakukan oleh siapa pun dengan mudah, mulai dari alat yang sederhana sampai dengan alat yang super canggih. Penyadapan adalah mengintip dan mengintai pembicaraan orang lain melalui telepon untuk mengetahui isi pembicaraan orang lain yang dimaksud, baik dalam rangka tujuan baik maupun untuk tujuan jahat

Yang marak di negeri kita adalah sadap yang dilakukan oleh para penegak hukum, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk sarana penegakan hukum.

Pertanyaannya, bagaimana hukum mengintai, mendengar, dan merekam pembicaraan orang lain melalui sadap telepon? Sahkah saksi atas perbuatan dengan cara memutar rekaman telepon yang disadap?

Hasil Bahtsul Masail Diniyah Waqi’iyah Muktamar ke-32 NU di Makassar akhir Maret 2010 kemarin memberikan penjelasan bahwa hukum mengintai, mendengar, dan merekam pembicaraan orang lain melalui sadap telepon pada dasarnya haram (tidak boleh), kecuali untuk kepentingan pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar dan ada gholabatuzh zhan (dugaan kuat) atas terjadinya kemaksiatan, bahkan wajib jika tidak ada cara yang lain.

Namun hasil penyadapan ini secara syar’i tidak sah sebagai bayyinah (alat bukti hukum), hanya sah sebatas untuk bukti pendukung.


Komisi Bahtsul Masail Diniyah Waqi’iyah Muktamar ke-32 NU
23-27 Maret 2010
sumber: http://www.nu.or.id

aplikasi Tajwid

aplikasi ini dapat memepermudah dalam pembelajaran tajwid untuk memeperlancar pembacaan ayat-ayat alquran.
aplikasi ini dalam bentuk flash player, penampilan menarik penuh warna dan sangat mudah untuk dipahami sehingga cocok pula bagi pemula dan anak anak
tak perlu panjang lebar sialkan download aja nie linknya ku kasih gratiiiiis buat saudaraku semua semoga bisa bermanfaat di dunia dan akherat amin...
klik here to download

Corel Draw X3 portable


Anda seorang desainer? Butuh software untuk mendesain namun tak ingin menginstallnya? Anda bisa gunakan Corel Draw X3 Portable

ini adalah bekal saya saat pergi kemanapun, saya senang dengan design, meskipun saya bisa mengoperasikan corel draw secara outodidak tetapi saya meniqmati program ini. secara teknis aplikasi corel portable ini sama dengan corel installer yang lain, selain file cukup ringan kita bisa memakainya dimanapun tanpa harus menginstall di kompi atau notebook yang sedang kita pakai. Tetapi perlu diingat ini hanya sebagai saran bahwa minimal spec kompi atau notebook yang sedang dipakai memory min 256 dengan ukuran graphic adapternya 64 Mb. Silahkan download CorelDRAW X3 Portable dibawah ini dan semoga bermanfaat.

Corel draw adalah software untuk menggambar/edit gambar yang cukup hebat menurutku. Banyak fitur keren yang ada di sini. Ini adalah software picture editing yang paling aku suka. Karena banyak fiturnya. Dan sekarang versi terakhir adalah versi X4 atau 14. Software ini cukup besar kalau mau download. Karena banyak fiturnya dan memang agak berat si software ini.
Photobucket
Kalau kita butuh corel draw, pasti males download. Apa lagi yang agak baru yaitu versi 13 atau X3. Karena filenya gedhe banget kalau kita download. Apa lagi internet kita ada quota volume per bulan dan koneksinya kebetulan agak lambat. Tapi kita butuh itu. Apa yang harus dilakukan?
Di sini aku akan share hasil downloadku dari indowebster. Tadinya sebenarnya aku melihat iklan di salah satu blog. Tapi aku lupa blog itu. Di iklan tertulis “Corel Draw X3 portable, hanya 33 MB”! Tapi aku males downloadnya. Karena dulu hostingnya di rapidshare dan aku pas tidak butuh. Jadi males lah download. Kalau tidak butuh, kenapa harus download? Jadi aku putuskan tidak download itu walaupun agak penasaran sih.
Suatu hari aku butuh. Dan aku males download. Dan teringat dulu aku pernah lihat di iklan kalau ada yang portable.
Trus aku cari deh di situs kesayanganku, indowebster. Karena di google males aku cari. Ternyata ketemu deh corel draw X3 Portable. Dan bener cuma sekitar 30an MB, Kecil banget. Dan aku download, kemudian aku buka archivenya.
Dan aku kaget setelah aku extract. Aku bertanya-tenya. Masa sih file 30an MB bisa menjadi 130an MB. Wow, dia compressnya pakai apa ya? Tapi gak masalah lah. Langsung aja aku pakai dan beneran seperti corel yang tidak portable. Tapi kalau ini cuma ada corel draw saja. Tidak ada corel photo paintnya. Tapi lumayan lah.
Yang mau download silakan klik di sini aja. Tentu saja karena portable tanpa lisensi lah. Dan sudah dicrack dan dimodify tentunya. Tapi isinya tetap sama kok. Sama persis sama corel draw X3 yang tidak portable. Langsung download dan pake tanpa install. Di mana aja bisa. Di rumah, komputer kantor, warnet, di skolah, semua bisa. Dan sekali lagi tanpa install langsung buka dan pakai deh ini. Selamat mencoba!

silakan download di sini Corel Draw X3

Bolehkah Penguburan Jenazah Ditunda?

25/05/2010
Pengurusan jenazah hukumnya Fardhu Kifayah, dan anjuran Rasulullah SAW dalam hal ini adalah perlunya mengubur jenazah sesegera mungkin. Namun kadangkala pada praktiknya muncul beberapa masalah karena berkenaan dengan kepentingan studi pelatihan medis untuk operasi bedah, atau untuk penyelidikan hukum seperti penyelidikan terhadap pembunuhan, atau penundaan itu terkait adat masyarakat setempat. Ada kisah lain di beberapa daerah kota Bandung pemandian jenazah ditunda dikarenakan takut munculnya hadats dan najis berkali-kali.

Di dunia kedokteran, lazim dilakukan pengawetan jenazah untuk kepentingan studi, di mana pihak calon mayyit telah berwasiat dan disetujui oleh keluarganya untuk menjadi bahan latihan tenaga medis. Kemudian setelah meninggal dunia jenazahnya tersebut diawetkan dalam batas waktu tertentu untuk bahan latihan para calon dokter.

Setelah digunakan untuk latihan, kemudian mayyit tersebut dirapikan kembali dan dilakukan prosesi penguburan jenazah sebagaimana mestinya menurut ajaran Islam. Dengan deminkian, otomatis hal ini menimbulkan masalah tertundanya penguburan jenazah.

Pertanyaannya, bagaimanakah hukum mengakhirkan penguburan jenazah, baik karena tujuan otopsi, studi dan mensucikan jenazah seperti dalam beberapa kasus di atas? Bolehkan membedah jenazah setelah lama diawetkan untuk kepentingan studi? Berapa lama batas mengakhirkan penguburan jenazah?

Hasil Bahtsul Masail Diniyah Waqi’iyah Muktamar ke-32 NU di Makassar akhir Maret 2010 kemarin memberikan beberapa penjelasan berikut ini: Mengakhirkan penguburan jenazah pada dasarnya tidak diperbolehkan kecuali;

(a) untuk mensucikan jenazah berpenyakit menular yang menurut dokter harus ditangani secara khusus;

(b) untuk dilakukan otopsi dalam rangka penegakan hukum;

(c) untuk menunggu kedatangan wali jenazah dan atau menunggu terpenuhinya empat puluh orang yang akan menshalati dengan syarat diberitahukan segera selama tidak dikhawatirkan ada perubahan pada jenazah.

Adapun mengakhirkan penguburan jenazah untuk keperluan studi hanya boleh dilakukan pada jenazah kafir harbi, orang murtad dan zindik. Sementara membedah jenazah setelah lama diawetkan untuk kepentingan studi dibolehkan dalam kondisi darurat atau hajat.

Adapun batas mengakhirkan penguburan jenazah adalah sampai khaufut taghayur (jenazah berubah) atau sampai selesainya kebutuhan di atas.


Komisi Bahtsul Masail Diniyah Waqi’iyah Muktamar ke-32 NU
23-27 Maret 2010
MARI BERSAMA GURATKAN KATA UNTUK MENGUBAH DUNIA
free counters

Total Tayangan